Jumat, 24 September 2010

Kiat-kiat Mengawinkan Labu Botol (bagian pertama)

Sebelum melangkah untuk mengenal dan mengidentifikasi bunga jantan maupun bunga betina labu botol, serta melakukan penyerbukan / mengawinkannya, terlebih dahulu Anda harus mengenal berbagai macam cara penyerbukan tanaman pada umumnya.

Ada dua cara penyerbukan yang harus dipahami para penggemar tanaman: penyerbukan alami oleh angin, serangga dan penyerbukan sendiri serta penyebukan buatan oleh tangan manusia (hand pollination). Bila menginginkan produksi benih yang mempunyai kesamaan genetik dengan induknya, harus diserbukkan dengan serbuk sari dari varietas yang sama – tentu saja yang terbaik adalah penyerbukan buatan.


Dalam hal tanaman yang penyerbukannya oleh angin harus tidak ada varietas lain dalam jarak 1.600 meter agar tidak terjadi persilangan, bila tidak akan didapatkan hasil benih yang tidak murni karena terjadi persilangan alami. Semakin dekat jarak tanam dengan varietas lain akan semakin besar prosentase terjadinya persilangan.

Bila penyerbukan tanaman oleh serangga, harus terpisah minimal 400 meter. Sebaliknya, bila kurang dari jarak itu kemungkinan akan menghasilkan benih hasil persilangan dari varietas lain yang berjarak  kurang dari 400 meter.

Penyerbukan sendiri oleh tanaman karena bunga jantan dan betina dalam satu tangkai merupakan peluang yang paling baik untuk mendapatkan benih murni, karena serbuk sari akan berpindah langsung ke stigma dalam bunga itu sendiri. Walaupun ini terjadi secara otomatis, beberapa serbuk sari dapat lolos dan dapat berpindah ke varietas yang berdekatan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pisahkan varietas yang berbeda dengan beberapa lajur tanaman lain.

Syarat-syarat yang ketat untuk mendapatkan benih yang murni berlaku bagi produsen benih komersial, yang lebih memperhatikan kemurnian varietas benih dibandingkan dengan rata-rata petani biasa. Tetapi, bila petani  tidak mengetahui secara penuh panduan penyerbukan di atas, pasti akan mendapatkan hasil tanaman yang mengecewakan.

Untuk labu botol, penyerbukan sendiri jelas tidak mungkin karena bunga jantan dan bunga betina terpisah jauh dalam tangkai yang berbeda – tidak menjadi satu. Penyerbukan oleh angin agak sulit karena serbuk sari bunga jantan sangat sedikit serta sulit diterbangkan angin. Penyerbukan serangga masih memungkinkan bila jumlah serangga malam yang ada di sekitar tanaman cukup banyak sehingga mampu melakukan penyerbukan. Sayangnya jumlah serangga malam penyerbuk jumlahnya lebih sedikit dibandingkan serangga penyerbuk siang hari, sehingga dibutuhkan ketrampilan khusus untuk melakukan penyerbukan buatan oleh tangan-tangan terampil Anda.

Penyerbukan buatan, selain untuk memperoleh varietas yang murni ataupun silangan sesuai keinginan Anda  juga secara pasti bisa menentukan jumlah produksi buah labu botol yang diinginkan. Tetapi yang perlu diingat adalah bila menginginkan jumlah buah yang banyak pasti buahnya kecil-kecil sedangkan bila jumlah buah sedikit akan didapatkan labu botol yang besar-besar. Silahkan dipilih buah labu botol kecil atau besar yang ingin dipanen?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog Labu Botol. Tinggalkan komentar Anda disini...