Selasa, 05 November 2013

Batik dan Cat Retak Labu Botol


Banyak hal bisa kita lakukan untuk labu botol kering yang kita miliki. Bila kita sempat menjelajahi dunia labu botol di luar sana terutama Amerika, setiap negara bagian mempunyai agenda Gourd Festival dengan menampilkan berbagai macam keterampilan mereka dalam membuat kerajinan yang berasal dari labu botol kering.

Mereka cukup kreatif dengan membuat ukiran labu botol yang indah dengan berbagai macam variasi yang mestinya bisa kita lakukan disini dengan versi Indonesia karena tiap daerah di Indonesia mempunyai seni ukir dengan ciri khas yang unik. Sayang sekali, labu botol kering yang kita miliki terlalu tipis  dengan dindingnya paling tebal 5 mm sehingga sulit untuk mengikuti apa yang telah mereka lakukan disana. 


Bayangkan seandainya labu bortol kita mempunyai ketebalan seperti yang mereka miliki yaitu kurang lebih   2 cm, kita bisa melakukan berbagai bentuk ukiran pada dindingnya!!

Hal lain yang mereka lakukan adalah dengan membuat berbagai ragam peralatan, hiasan meja, hiasan dinding dan masih banyak  lagi pemanfaatannya. Mereka menggunakan dinding labu botol sebagai kanvas untuk mengekspresikan jiwa seni mereka dengan mengunakan berbagai macam cat yang telah mereka formulasikan khusus untuk labu kering.

Dari tradisi kuno suku Indian yang membuat pola gambar unik dengan pemanasan, mereka mengembangkan tehnik Pyrography yang awalnya hanya digunakan untuk kayu kemudian mereka aplikasikan pada dinding labu botol kering.

Bahkan ada satu grup musik unik – mungkin satu-satunya di dunia yang seluruh alatnya dibuat dari labu kering, juga asesori topi para pemusiknya berasal dari labu kering. Mereka menyebut dirinya dengan The Richmond Indigenous Gourd Orchestra. Silahkan  googling dan dan dengarkan alunan musik dari laman yang telah disediakan.

Dalam waktu dekat secara bertahap saya akan mulai menuliskan beberapa hal yang telah mereka lakukan di luar sana agar bisa memberikan inspirasi kepada para sahabat di Indonesia untuk lebih mengembangkan ide-ide kreatif serta mencantumkan website mana yang memberikan newsletter secara gratis pada kita.

Sekarang kembali ke Indonesia ! 



Beberapa contoh penanganan labu botol kering berdinding tipis yang pernah saya coba antara lain dengan meminta pengrajin di daerah Bantul Yogyakarta yang biasanya membatik kayu untuk melakukannya di dinding labu botol kering. Salah satu hasilnya seperti yang saya tayangkan disini.

Kemudian pengrajin kayu ukir di Jepara yang biasa menggunakan cat retak juga saya minta untuk bereksperimen  diatas permukaan labu botol kering utuh maupun dengan variasi diberikan ‘jendela’.
Silahkan dikembangkan ide kreatif lainnya untuk memanfaatkan labu botol kering yang kita miliki. Jangan biarkan labu botol yang kita panen tergeletak tak berguna bahkan menjadi rusak dan lapuk dimakan waktu

2 komentar:

  1. pak mohon dposting kmbli tulisan mengenai cara mengawinkan labu menumbuhkan bunga membedakan bunga jantan n betina

    BalasHapus
  2. Saya coba menanm dan berhasil baik, berbuah banyak dan besar, tapi saya tdk tahu Kemana menjualnya. Bisa dibantu?

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi Blog Labu Botol. Tinggalkan komentar Anda disini...