Rabu, 30 Oktober 2013

Labu Botol Kecil

Bila tulisan tentang Labu Botol Besar adalah menceritakan tentang anomali atau kelainan pertumbuhan buah yang menjadi sedikit raksasa dibandingkan yang normal karena keinginan dari labu botol untuk bertahan hidup dengan membuat buahnya lebih besar yang secara otomatis memperbanyak jumlah benih yang dihasilkan ini untuk menjaga kelangsungan hidup labu botol generasi berikutnya.

Terbentuknya buah kecil-kecil adalah akibat terlalu rajinnya seorang anak yang tinggal di Panti Asuhan HAMBA mempraktekkan ilmu mengawinkan bunga jantan dengan bunga betina yang baru diperolehnya. Begitu rajinnya , hampir setiap hari menjelang petang berkeliling dengan membawa senter besar mencari bunga betina yang mekar untuk dikawinkan dengan bunga jantan.  Selain mengawinkan bunga, anak tersebut juga melakukan pemotongan ujung sulur muda bunga betina yang sudah dikawinkan agar tumbuh percabangan baru.

Dengan memotong ujungnya, akan diperoleh percabangan tunas baru yang banyak dimana setiap tunas baru akan menyiapkan 1- 2 bunga betina sebagai bakal buah. Semakin banyak buah yang jadi (kadang perkawinan yang dibantu manusia gagal) dalam satu sulur pokok – karena harus dibagi sama rata dengan buah lain buahnya akan menjadi kecil-kecil. Selain kecil, buah labu yang terbentukpun akan lebih cepat menjadi tua – sehingga sering terjadi karena kita menganggap buahnya belum cukup besar untuk dipanen belakangan sewaktu di tekan daging buahnya  sudah sangat keras sehingga terlambat dan tidak layak dimasak sebagai sayur. Walaupun begitu masih tetap ada gunanya buah yang terlanjur tua ini karena bila dibiarkan kering akan bisa dimanfaatkan sebagai hiasan.

Selain buah yang kecil-kecil, labu botol yang terlalu sering dipanen buahnya pada saat muda banyak terjadi kelainan bentuk pada buah yang dihasilkan berikutnya yaitu berupa buah dengan hanya satu bulatan besar di bawah sedang bulatan kecil diatas akan menjadi tangkai yang lebih panjang. Ini juga tidak menimbulkan masalah karena bila dipanen tua dan kering bisa digunakan sebagai alat musik

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari perilaku tanaman labu botol ini selama kita memperlakukannya dengan penuh kasih sayang dengan melakukan penyiraman pada musim kering serta menambahkan pupuk organik agar pertumbuhannnya maksimal. Dengan demikian jerih payah kita terbayar karena  bisa menghasilkan buah labu botol muda maupun yang tua yang melimpah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog Labu Botol. Tinggalkan komentar Anda disini...