Jumat, 08 Oktober 2010

Pemangkasan Labu Botol

Kebanyakan orang sudah mengetahui tentang cara menanam labu botol dengan sifatnya yang merambat itu. Pemangkasan secara benar tanaman ini akan mendorong produksi buah labu botol, tetapi bila salah melakukannya – justru tidak akan menghasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk memperoleh hasil buah labu botol yang maksimal ikutilah langkah-langkah berikut: (Sumber: Gourd Reserve)

1.    Batang utama labu botol akan memproduksi bunga jantan, bila Anda memotongnya terlalu pendek akan menghasilkan jumlah bunga betina yang terbatas, bahkan sama sekali tanpa bunga jantan. Demikian juga bila membiarkan batang utama ini tumbuh merambat terlalu panjang, akan kehilangan kesempatan lebih awal untuk mendapatkan buah. Makin awal mendapatkan buah, akan memberikan kemungkinan untuk memperoleh buah labu botol yang lebih banyak.

2.    Biarkan batang utama labu botol tumbuh sampai kira-kira daunnya berjumlah 16 – 20 lembar, kemudian potonglah ujungnya. Tindakan pemotongan ini akan memberikan stres pada tanaman, dan tanaman akan berusaha untuk mempertahankan kehidupannya dengan memulai proses reproduksi. Batang utama akan berusaha keras untuk menumbuhkan tunas baru disamping batang utama – yang dikenal sebagai cabang lateral.

3.    Cabang utama hanya akan menghasilkan bunga-bunga jantan saja, dan cabang lateral akan memproduksi bunga betina pada ruas daun pertama sampai ke empatnya – letaknya akan bervariasi tergantung pada tempat merambatnya serta jenis dari labu botol. Kemudian, cabang lateral ini akan menghasilkan lebih banyak bunga betina lagi.

4.    Berdasarkan sifat-sifat  diatas, tanaman akan tumbuh secara cepat dengan memangkas ujung dari batang utama dan menghentikan pemanjangan serta tanaman akan mengumpulkan energi untuk menumbuhkan cabang lateral. Dengan semakin banyak cabang lateral akan semakin banyak bunga betina yang nantinya akan berkembang menjadi buah labu botol.

5.    Setiap cabang lateral dari ruas daun pertama sampai ke empat menghasilkan paling tidak satu bunga betina. Setelah itu, cabang lateral akan memproduksi bunga jantan lagi. Biarkan cabang lateral ini tumbuh paling tidak enam daun diatas bunga betina– kemudian pangkas lagi. Sekali lagi, setiap ruas daun akan memproduksi cabang lateral kedua. Ulangi secara terus menerus sejauh Anda bisa mengikuti pertumbuhan merambatnya. Jangan lupa, pemangkasan dilakukan minimal pada daun ke enam setiap cabang lateral agar tetap dihasilkan bunga jantan.

6.    Begitu mencapai cabang lateral ketiga dan ke empat, Anda akan menemui banyak kesulitan mengikutinya - apalagi untuk mengetahui cabang lateral berikutnya yang harus dipangkas. Untuk itu, cukup mencari ujung tanaman ini untuk melihat bunga yang muncul – jantan atau betina. Dan apabila melihat paling tidak dua bunga jantan terbentuk, artinya aman untuk memotong ujung tanaman lateral ini.

Berhati-hatilah! Pemangkasan yang berlebihan pada labu botol ini justru hanya menghasilkan bunga betina saja tanpa menghasilkan bunga jantan, sehingga bunga betina tidak bisa diserbukkan dengan bunga jantan. Ingatlah, sisakan enam daun cabang lateral untuk menjamin produksi bunga jantan guna diserbukkan dengan bunga betina labu botol.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog Labu Botol. Tinggalkan komentar Anda disini...